PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) atau sering dikenal dengan Pelindo II adalah Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dibidang logistik, secara spesifik pada pengelolaan dan pengembangan pelabuhan. Saat ini, Pelindo 2 telah mengoperasikan 12 Pelabuhan yang terletak di 10 Provinsi Indonesia. Dari Sumatera Barat hingga Jawa Barat, Pelindo 2 menjadi salah satu BUMN strategis dimana seluruh pelabuhan yang dikelola memiliki posisi yang signifikan dalam keterhubungan jaringan perdagangan internasional berbasis transportasi laut. Perusahaan yang dibentuk oleh Pemerintah sejak tahun 1960 ini telah berubah status usaha dari PN sejak pendiriannya berlanjut menjadi Perum pada tahun 1983 dan akhirnya menjadi Perseroan Terbatas pada tahun 1992. Perubahan status usaha itu tak lepas dari gegap gempitanya pelindo 2 untuk menjalankan fungsinya sebagai pelaksana teknis kegiatan logistik dibidang kepelabuhanan, yaitu membangun Pelabuhan terbesar di Indonesia, Tanjung Priok. Pencapaian sukses pernah diraih perusahaan ini sebagai The Best Port Practices in Asia-Pacific Region pada Tahun 1980an. Namun, tidak lepas juga akibat tidak adanya perkembangan signifikan dalam kegiatannya membuat Pelindo tertinggal dan terkucil. Meski cukup ironis untuk diketahui, Pelindo 2 tidak malu untuk menghadapi perubahan dan bergerak bersama dengan perubahan dengan berubah. Kawasan pelabuhan diperluas, fasilitas pelabuhan diperbarui dan tata kelola manajemen perusahaan dirombak total untuk menciptakan gerak usaha yang lebih adaptabel, resilien dan progresif dalam perkembangannya sebagai pengelola pintu perdagangan Indonesia. Kini, setelah menjalani serangkaian penataan, revitalisasi dan transformasi, Pelindo 2 hadir menjadi pengelola dan pengembang kegiatan logistik, tidak hanya sekadar pelabuhan tetapi juga berbagai usaha yang terkait dengan logistik sebagai energi perdagangan Indonesia.

Indonesia merupakan negara kepulauan yang dua per tiga wilayahnya adalah perairan dan terletak pada lokasi yang strategis karena berada di persilangan jalur perdagangan internasional berbasis transportasi laut. Sehingga peran pelabuhan sebagai pintu perdagangan Ekonomi Internasional sangatlah vital bagi kegiatan ekonomi Indonesia. Oleh karena itu, keberadaan pelabuhan menjadi kunci utama pemerintah untuk menggerakkan aktivitas ekonomi dan mengundang masuk investasi. Berikut rentang perjalanan Perusahaan Pelabuhan Indonesia 2.

Saat ini PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero), BUMN yang bergerak di bidang jasa kepelabuhanan membuka lowongan kerja medan sebagai Calon Pandu dengan penjelasan sebagai berikut:

Posisi: Pandu (Pilot Service)

Kriteria:
Usia minimal 30 tahun dan maksimal 39 tahun per 31 Desember 2018
Memiliki sertifikat keahlian pelaut minimal ANT-III (ANT II dan I diutamakan)
Masa berlayar sebagai mualim Kapal 1000 GT (diutamakan nahkoda) minimal 3 tahun
Sehat jasmani dan rohani dan bebas narkoba
Tinggi badan minimal 160 cm
Mampu berkomunikasi dalam bahasa inggris baik lisan maupun tulisan
Memiliki kemampuan dasar berenang
Bersedia ditempatkan diseluruh wilayah kerja perusahaan
Bersedia menjalani ikatan dinas dengan Perusahaan
Bersedia mengikuti Diklat Calon Pandu oleh Direktorat Jendral Perhubungan Laut (bagi yang belum memiliki ijazah diklat Pandu)

Cara Pendaftaran
Registrasi diri ke: -
Masukkan e-mail dan nomer telepon yang aktif
Menerima e-mail konfirmasi dari website e-seleksi
Melakukan apply lowongan pada website e-seleksi dan meng-upload berkas lamaran sebagai berikut:
Softcopy pas foto terbaru dan berwarna dilampirkan di kolom foto pada bagian resume/CV
Scan KTP yang masih berlaku
Scan Certificate of Competency dan Certificate of proficiency sesuai dengan amandemen manila 2010 (legalisir)
Scan Buku Pelaut
Scan sertifikat Pandu (bagi yang memiliki)
Scan sertifikat pengukuhan pandu (bagi yang memiliki)
Pastikan anda mengikuti perkembangan terkait proses seleksi melalui e-mail maupun website e-seleksi

Keterangan:
Pendaftaran dimulai pada tanggal 12 – 26 November 2018
Hanya pelamar TERBAIK yang akan diproses untuk mengikuti seleksi



πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ Baca Juga πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡