Selamat datang di blog pendidikan terbaru, kali ini admin sampaikan mengenai REKRUTMEN CALON GURU UNTUK PENDIDIKAN ANAK-ANAK INDONESIA DI MALAYSIA TAHUN 2019.

A. LATAR BELAKANG
Sesuai dengan Undang-undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, negara berkewajiban melaksanakan penyelenggaraan pendidikan wajib belajar 9 tahun untuk setiap warga negara, baik yang tinggal di dalam maupun di luar wilayah NKRI. Kenyataan di lapangan anak-anak dari Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang bekerja di Malaysia, khususnya yang bekerja di sektor perkebunan sawit, mengalami kesulitan dalam memperoleh pendidikan. Untuk itu, Tahun 2019 Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, akan melaksanakan rekrutmen calon guru.

B. TUJUAN PROGRAM PENGIRIMAN GURU
Panduan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c
DHGTK Versi 21 http://1idsly.com/ZmaMyZqa
Langkah-langkah Instalasi Aplikasi Dapodik 2019c
1. Memenuhi kebutuhan guru untuk memberikan layanan pendidikan bagi anak-anak PMI yang belum memperoleh akses pendidikan di tempat orang tuanya bekerja di Malaysia;

2. Mengembangkan potensi peserta didik untuk menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat jasmani dan rohani, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab; dan

3. Membangun rasa kebangsaan, menumbuhkan nilai-nilai persatuan, melestarikan budaya dan menanamkan kepribadian serta kebanggaan sebagai warga negara Indonesia.

C. JADWAL PELAKSANAAN KEGIATAN SELEKSI/REKRUTMEN CALON GURU UNTUK PENDIDIKAN ANAK-ANAK INDONESIA DI MALAYSIA TAHUN 2019


D. SASARAN CALON GURU
Guru yang akan lulus seleksi sebanyak 86 orang akan bertugas di Malaysia khususnya di Community Learning Center (CLC) di wilayah kerja Konsulat Jenderal RI Kota Kinabalu, di wilayah kerja Konsulat Jenderal RI Kuching dan Konsulat RI Tawau selama 2 (dua) tahun.

E. SISTEM SELEKSI
Sistem seleksi dilakukan oleh Direktorat Jenderal GTK Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar bekerjasama dengan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan (LPTK) yaitu: Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Universitas Negeri Medan (Unimed), Universitas Negeri Surabaya (Unesa), Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Negeri Padang (UNP), Universitas Negeri Manado (UNIMA), Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Lambung Mangkurat (ULM).

1. Pengumuman Rekrutmen Calon Guru di Malaysia Tahap 10 Tahun 2019 untuk Pendidikan anak – anak Indonesia di Malaysia, diinformasikan melalui website http://1idsly.com/Xx3qqzwo

2. Tahap 1:
 Seleksi administrasi dilakukan di tingkat pusat berdasarkan formulir pendaftaran dan dokumen yang diunggah. Hasil seleksi administrasi diumumkan melalui http://1idsly.com/Xx3qqzwo

3. Tahap 2:
Peserta yang dinyatakan lulus seleksi tahap 1 berhak mengikuti tes tulis dan nontulis di LPTK yang ditunjuk. Tes meliputi psikotest, tes bidang studi, wawancara, peer teaching, dan Leaderless Group Discussion (LGD).

Seluruh berkas persyaratan umum, baik asli dan fotokopi wajib dibawa saat tes di LPTK (dimasukan map kertas dengan warna merah).
*) Panitia tidak menanggung biaya transportasi dan akomodasi peserta seleksi.
*) Formulir yang diunduh, diisi dengan tulisan tangan.
*) Peserta harap membawa RPP pada saat peer teaching (rangkap dua).

F. PERSYARATAN UMUM PESERTA
1. Guru bukan PNS.
2. Usia maksimal 40 tahun saat mendaftar dibuktikan dengan KTP.
3. Kualifikasi akademik minimal S1/D4 dibuktikan dengan Ijazah. IPK minimal 2,75
4. Diutamakan yang memiliki Sertifikat Pendidik).
5. Diutamakan yang memiliki NUPTK .
6. Sarjana dari program studi minimal terakreditasi B yang relevan dengan formasi yang dibutuhkan. 7. Surat izin atau referensi dari kepala sekolah/yayasan/pimpinan sebelumnya. Formulir dapat diunduh di laman pendaftaran.
8. Menguasai komputer, memiliki kemampuan membuat media pembelajaran dan berbagai metode mengajar dan TIK.
9. Memiliki kecakapan hidup, misalnya menjahit, menyulam, memasak, elektronika, menyablon, menganyam, dan lain-lain.
10. Pengalaman mengajar minimal 2 tahun dibuktikan dengan surat tugas/surat keterangan mengajar. 11. Surat bebas narkotika, psikotropika dan zat aditif (NAPZA) dari BNN. 12. Surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) dari Polres.
13. Surat keterangan sehat jasmani dari rumah sakit pemerintah.
14. Surat keterangan sehat rohani dari rumah sakit pemerintah atau rumah sakit jiwa.
15. Surat izin orangtua/wali/suami/istri dan surat pernyataan tidak menuntut menjadi PNS/ASN. Formulir dapat diunduh di laman pendaftaran.
16. Pasphoto terbaru berlatar belakang merah ukuran 400x600 pixel (maksimal 500kb). Bagi laki-laki memakai pakaian jas dan dasi, bagi wanita memakai pakaian bebas rapi, bagi yang tidak memakai kerudung, telinganya terlihat.
17. Mengisi formulir pendaftaran dan biodata. Apabila lolos seleksi administrasi, formulir biodata diunduh, ditanda tangani, dan diunggah kembali di laman pendaftaran.
18. Berkas nomor 3,4,7,15, dan 16 diunggah melalui link berikut http://1idsly.com/cKjR Ukuran file dokumen yang diunggah masing-masing maksimal 1 MB.

SUMBER FILE



πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ Baca Juga πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡