PT Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) menjadi badan klasifikasi ke-4 di Asia setelah Jepang, China dan Korea, dan menjadi satu-satunya badan klasifikasi nasional yang bertugas untuk mengklaskan kapal-kapal niaga berbendera Indonesia dan kapa lberbendera asing yang secara reguler beroperasi di perairan Indonesia.

Kegiatan klasifikasi BKI merupakan pengklasifikasian kapal berdasarkan konstruksi lambung, mesin dan listrik kapal dengan tujuan memberikan penilaian teknis atas laik tidaknya kapal tersebut untuk berlayar. Selain itu, BKI juga dipercaya oleh Pemerintah untuk melaksanakansurvei dan sertifikasi statutoria atas nama Pemerintah Republik Indonesia, antara lain Load Line, ISM Code dan ISPS Code.

BKI dibentuk dengan menerapkan standar teknik dalam melakukan kegiatan desain, konstruksi dan surveymarine terkait dengan fasilitas terapung, termasuk kapal dan konstruksi offshore. Standar ini disusun dan dikeluarkan oleh BKI sebagai publikasi teknik.  Kapal yang didesain dan dibangun berdasarkan standar BKI akan mendapatkan Sertifikat Klasifikasi dari BKI, dimana penerbitan sertifikat dilakukan setelah BKI menyelesaikan serangkaian survei klasifikasi yang dipersyaratkan.

Sebagai Badan Klasifikasi yang independen dan mengatur diri sendiri, BKI tidak memiliki kepentingan terhadap aspek komersial terkait dengan desain kapal, pembangunan kapal, kepemilikan kapal, operasional kapal, manajemen kapal, perawatan/perbaikan kapal, asuransi atau persewaan. BKI juga melakukan penelitian dan pengembangan dalam rangka peningkatan mutu dan standar teknik yang dipublikasikan kepada pihak-pihak yang berkepentingan dengan jasa klasifikasi kapal.

Melihat peningkatan kegiatan dan perkembangan serta prospek usaha yang cukup cerah, di tahun 1977 Pemerintah RI selaku pemilik BKI mengupayakan peningkatan kemandirian usaha BKI dengan melakukan perubahan status badan organisasi menjadi Perseroan Terbatas, atau PT (Persero) yang diperkuat melalui Peraturan Pemerintah (PP) No.1 Tahun 1977 tentang Pengalihan Bentuk Perusahaan Negara Biro Klasifikasi Indonesia Menjadi Perusahaan Perseroan (Persero).

BKI didirikan untuk menghemat devisa Negara bagi layanan inspeksi kapal-kapal nasional dan mendukung kemandirian dunia industri maritim Indonesia. Melalui dukungan kerjasama dengan Germansicher Lloyd, German, BKI saat ini telah menjadi sebuah badan klasifikasi nasional yang besar. Hingga saat ini, selain kegiatan usaha klasifikasi, BKI juga mengembangkan kegiatannya di bidang jasa Konsultansi dan Supervisi. Berkantor pusat di Jakarta, BKI memiliki jaringan kantor cabang di pelabuhan besar seluruh Indonesia dan Singapura. Selain itu BKI juga memiliki kerjasama dengan Badan Klasifikasi Asing, baik dalam bentuk Mutual Representative maupun Dual Class.

Saat ini, Biro Klasifikasi Indonesia (BKI) membuka lowongan kerja di kota Medan, Sumatera Utara dengan posisi berikut ini:

1. Management Trainee (MT)

Management Trainee (MT) adalah program untuk pengembangan calon pimpinan muda BKI/IDSurvey. Anda akan mengikuti program komprehensif yang bertujuan untuk menumbuhkan talenta berkinerja tinggi yang memiliki keterampilan adaptif dan mindset berkembang untuk menjadi pemimpin masa depan BKI/IDSurvey.

Program pengembangan calon pimpinan muda BKI/IDSurvey fokus dalam:
Pemahaman tentang operasi bisnis perusahaan.
Pemahaman tentang proses kerja dan pencapaian tujuan perusahaan.
Perencanaan dan pengembangan stretegi perusahaan.
Merancang strategi untuk meningkatkan profit dan mengurangi risiko.

Tahapan Seleksi MT:

2. Technical Trainee (TT)

Technical Trainee (TT) adalah program pengembangan surveyor lapangan dan engineer pemeriksa dokumen. Anda akan mengikuti program komprehensif yang bertujuan untuk menyiapkan surveyor dan engineer pemeriksa dokumen yang handal dalam pemenuhan kelaikan kapal atau unit terapung.

Untuk Surveyor Lapangan melaksanakan tugas-tugas termasuk, namun tidak terbatas pada:
Pemahaman tentang operasi bisnis perusahaan.
Pemahaman tentang proses kerja dan pencapaian tujuan perusahaan.
Perencanaan dan pengembangan stretegi perusahaan.
Merancang strategi untuk meningkatkan profit dan mengurangi risiko.


Untuk Engineer Pemeriksa Dokumen melaksanakan tugas-tugas, namun tidak terbatas pada:
Pemahaman tentang operasi bisnis perusahaan.
Pemahaman tentang proses kerja dan pencapaian tujuan perusahaan.
Perencanaan dan pengembangan stretegi perusahaan.
Merancang strategi untuk meningkatkan profit dan mengurangi risiko.

Tahapan Seleksi TT:

Persyaratan Pelamar Management Trainee (MT) dan Technical Trainee (TT):
Lulusan S1/Sederajat atau S2 dengan segala jurusan (MT)
Lulusan S1/Sederajat atau S2 jurusan Teknik Perkapalan, Teknik Sistem Kapal atau Jurusan yang relevan (TT).
IPK S1/Sederajat minimal 2,75 dari Perguruan Tinggi akreditasi A/Unggul atau IPK minimal 3.0 dari Perguruan Tinggi akreditasi B/Baik.
IPK S2 minimal 3,25 Perguruan Tinggi Akreditasi A/Unggul atau IPK minimal 3.5 Perguruan Tinggi Akreditasi B/Baik.
Untuk lulusan Perguruan Tinggi luar negeri, IPK S1/S2 minimal setara sebagaimana tersebut di atas disesuaikan dengan akreditasi yang diakui.
Lulusan baru atau memiliki pengalaman kerja maksimal 2 (dua) tahun (MT)
Lulusan baru atau memiliki pengalaman kerja minimal 2 (dua) tahun (TT)
Per tanggal 1 Februari 2024, memasuki usia maksimum 25 tahun untuk lulusan baru S1/Sederajat dan usia maksimum 27 tahun (MT) atau 30 tahun (TT) untuk lulusan S2 atau S1/S2 yang telah memiliki pengalaman kerja.
Diutamakan memiliki pengalaman sebagai pimpinan di unit kegiatan mahasiswa.
Kemampuan berbahasa Inggris lisan dan tulisan dengan sertifikat TOEFL minimal = 500 (PBT) / 180 (CBT) / 64 (IBT) atau IELTS minimal 5 (over all band) dengan masa berlaku maksimum 2 (dua) tahun terakhir sejak pendaftaran.
Jika memiliki kemampuan Bahasa Asing lainnya, agar disertakan Sertifikat.
Bersedia ditempatkan di seluruh Indonesia.

Informasi Pendaftaran:
Link berisi Surat Lamaran, CV, Ijasah, Transkrip, Surat Keterangan Kerja di Perusahaan sebelumnya (jika sudah berpengalaman) dan Sertifikat yang relevan (dalam 1 pdf) dikirim paling lambat tanggal 11 Desember 2023 | Hasil seleksi akan diumumkan melalui website BKI.

Kode lamaran sebagai berikut:

Management Trainee: MT

Technical Trainee:
TT-S.F (untuk pelamar TT Surveyor Lapangan Fresh Graduate, pengalaman kerja kurang dari 2 tahun)
TT-S.E (untuk pelamar TT Surveyor Lapangan Experience, pengalaman kerja lebih dari 2 tahun)
TT-E.F (untuk pelamar TT Engineer Pemeriksa Fresh Graduate, pengalaman kerja kurang dari 2 tahun)
TT-E.E (untuk pelamar TT Engineer Pemeriksa Experience, pengalaman kerja lebih dari 2 tahun)

Disclaimer: Waspada penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan PT. (Persero) Biro Klasifikasi Indonesia. Kami tidak akan pernah meminta pembayaran untuk memproses dokumen, merujuk Anda ke pihak ketiga untuk memproses aplikasi atau perjalanan, atau meminta Anda membayar biaya tertentu. Jangan pernah mentransfer uang kepada siapa pun yang menyarankan mereka dapat memberikan pekerjaan di PT. (Persero) Biro Klasifikasi Indonesia. Kami hanya akan menghubungi Anda melalui email resmi kami rec@bki.co.id.

Kirimkan CV terbaru anda dengan template sebagai berikut:

Template Surat Lamaran ( untuk diisi )

Template Surat Pernyataan Conflict of Interest

Template Surat Pernyataan Tidak Memiliki Hubungan Keluarga Kandung dari pegawai PT BKI ( Persero )

Daftar Via Google Form

DISCLAIMER:
Waspada penipuan lowongan kerja yang mengatasnamakan PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero). Kami tidak akan pernah meminta pembayaran untuk memproses dokumen, merujuk Anda ke pihak ketiga untuk memproses aplikasi atau perjalanan, atau meminta Anda membayar biaya tertentu. Jangan pernah mentransfer uang kepada siapa pun yang menyarankan mereka dapat memberikan pekerjaan di PT. Biro Klasifikasi Indonesia (Persero).

PENERBIT: PT LJL
WHATSAPP DIGITAL MARKETING: +62 831-9840-7189
LINK OFFICIAL SOCIAL MEDIA & GROUP: https://linktr.ee/lokershareinone

BACK TO HOME

SELALU BACA WARNING DARI LOKERINONE.COM.

Baca Berita Terupdate berikut ini:




πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡ Baca Juga πŸ‘‡πŸ‘‡πŸ‘‡