Berbagai tantangan untuk mewujudkan eksistensi lahirnya KS BMT Pradesa Mitra Mandiri di Kota Stabat Kabupaten Langkat,

ternyata bukanlah suatu hambatan yang menyebabkan KS BMT Pradesa Mitra Mandiri gagal berdiri di tengah-tengah masyarakat Stabat, justru karena hambatan itu pula menjadi motivasi bagi tenaga muda untuk terus mewujudkan satu Cita-cita yang mulia.

Dengan ketegaran yang dibarengi ilmu pengetahuan ekonomi syariah serta semangat dan ukuwah  para tenaga muda ini berhasil mendirikan  BMT yang saat itu di beri nama KS BMT Pradesa Mitra Mandiri pada Tahun 2009.

Sejak awal KS BMT ini memang digagas untuk memberikan bantuan bagi kalangan ekonomi rendah yang sebelumnya banyak terjerat dalam lingkaran modal dan kemiskinan, apalagi dengan kondisi dimana umat Islam di Stabat adalah Mayoritas dan rata-rata adalah ummat muslim  yang usahanya adalah wiraswasta.

Satu hal yang unik dari KS BMT ini adalah sejak awal berdiri sampai saat ini digagas dan dikelola oleh hampir semuanya kaum muda, namun dalam perjalanannya hal ini bisa merupakan suatu kelebihan dalam pengelolaan kinerja di KS BMT.

Sejak berdiri tahun 2009 sampai 2010 KS BMT Pradesa Mitra Mandiri dengan modal awal Rp. 22.000.000.-

KS BMT Pradesa Mitra Mandiri belum mengantongi izin dari Dinas Koperasi.

Hal ini dikarenakan hasil  kesepakatan Dewan Pendiri dan pengelolah yang sepakat akan mengurus izin setelah kesolidan dan kebersamaan didalam pengurus terjalin dengan kuat dan KS BMT sudah dikenal masyarakat khususnya kota Stabat, kesepakatan ini didasari oleh pengalaman dari beberapa BMT yang baru buka sudah tutup kembali. sehingga hal ini akan merusak citra dan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga KS BMT dimanapun berada. Berangkat dari pengalaman diatas maka KS BMT Pradesa Mitra Mandiri akan mengurus Badan Hukum dan izin dari Dinas Koperasi setelah KS BMT Pradesa Mitra Mandirisudah ku at, solit serta dipercaya oleh anggota dan mitra usaha kecil yang ada di Kota Stabat khususnya dan Kabupaten Langkat umumnya.

Strategi pertama yang dilakukan adalah bagaimana membuat KS BMT Pradesa Mitra Mandiri bisa memberikan manfaat ditengah-tengah masyarakat.

Pada saat itu KS BMT tidak memperdulikan apa yang diberi masyarakat, tapi apa yang bisa diberikan KS BMT untuk perbaikan yang bisa langsung menyentuh masyarakat termasuk penghimpun dana yang pada saat itu boleh dikatakan secara individu, golongan, perwiridan kaum bapak dan kaum ibu, remaja mesjid, PHBI, Badan Kenaziran Mesjid dan persautuan abang becak Stabat.

Cara ini ternyata cukup berhasil hanya dalam tempo 4 bulan, masyarakat mulai melirik KS BMT sebagai Alternatif Simpanan dan pembiayaan, dan pada fase ini KS BMT mulai melirik agar masyarakat mau menyimpan uangnya di BMT.                 

Alhamdulillah kepercayaan masyarakat semakin meningkat sehingga  perkembangan KS BMT terus mengalami peningkatan yang sangat sangat signifikan.

Dan akhirnya  pada Tahun 2011 pengurus dan pengelola bermusyawarah serta mengambil kebijakan bersama untuk mendaftarkan ke notaris dan melaporkan keberadaan KS BMT Pradesa Mitra Mandiri ke Dinas Koperasi dan UKM Sumatera Utara.

Respon yang baik dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sumatera Utara dengan mengirimkan tim beberapa kali ke KS BMT Pradesa Mitra Mandiri untuk melihat dan memberikan pengarahan-pengarahan yang bersifat konstruktif kepada pengurus dan pengelolah KS BMT Pradesa Mitra Mandiri dalam mengelolah dan menjalankan koperasi.

Maka pada pada bulan Juli dikeluarkan Keputusan A.N. Mentri Negara Urusan Koperasi dan Usaka Kecil menengah Republik Indonesia Nomor ; 518.503/47/BH/KK/2011. Tentang Pengesahan Akte Pendirian KS BMT Pardesa Mitra Mandiri.

Dengan telah berbadan Hukum disyahkannya KS BMT Pardesa Mitra Mandiri menjadiseman gat tersendiri bagi pengurus, pengelolah dan anggota untuk lebih ekstra keras lagidalam memajukan  KS BMT Pradesa Mitra Mandiri menjadi sebuah lembaga kepercayaan dari anggota dan mitra usaha kecil.

Program dan rencana kerja untuk membenahi dan meningkatkan kinerja BMT terus dilakukan termasuk melakukan mitra dengan pihak perbankan Syariah.

Dan berkat kerja keras serta niat yang kuat Pada bulan September 2012 BMT pradesa mitra mandiri dapat membeli Aset berupa sebuah Ruko yang dijadikan Kantor, pada perkembangan BMT pradesa mitra mandiri tahun 2012 dan semakin dikenal masyarakat, maka BMT pradesa mitra mandiri mengembangkan sayapnya ke beberapa daerah, langkah awal yang dilakukan adalah pengembangan/ membuka satu kantor cabang di Desa Tanjung Beringin Pasar 4,5 Hinai, antusias warga menyambut hadirnya Lembaga Keuangan Mikro Syariah atau BMT pradesa mitra mandiri sangatlah baik, dan pada perkembangan selanjutnya, tepatnya Tahun 2013 BMT pradesa mitra mandiri dapat Membangun1 (satu) unit kantor untuk Cabang Tanjung beringin dan Tahun yang sama BMT pradesa mitra mandiri juga membuka cabang ke 2 di Desa Karang Rejo Tandam, berkat dukungan Masyarakat sekitar BMT pradesa mitra mandiri juga melebarkan sayapnya di Desa Kota Datar Deli Serdang, pada tahun 2014 BMT pradesa mampu menambah Aset melalui pembangunan Kantor Cabang Tandam, dan pada Akhir tahun 2014 BMT pradesa semakin dipercaya dan menjadi salah satu tujuan Masyarakat, maka BMT pradesa mitra mandiri membuka 2 Unit Kantor Kas yang terledak di Kota Binjai dan Kota Tanjung Pura, dan tidak lupa pula dalam memudahkan dan demi kesejahteraan Ummat BMT pradesa juga memfasilitasi 1 Unit Mobil Kas, serta 1 Unit Mobil Layanan Ummat, yang diperuntukkan bagi Pengelola serta dapat melayani sepenuhnya Kepada masyarakat.(tdy)

VISI:
 “ Menjadi Lembaga Keuangan Mikro Syariah (LKMS) Terpercaya Pilihan Mitra Usaha Kecil”

MISI:
-      Mewujudkan Pertumbuhan Tarap Hidup Masyarakat Kecil Dari Kemiskinan

-      Menghimpun Potensi Ekonomi Ummat dan Menyalurkan Pembiayaan Pada Segmen Mikro dan Kecil

-      Menghimpun Potensi Ekonomi Ummat dan Menyalurkan Pembiayaan Pada Segmen Mikro dan Kecil

-      Memberdayakan dan Mengembangkan Sumber Daya Manusia dan Lingkungan Kerja Yang Sehat.

FUNGSI:
Menjalin Ukhuwah Islamiyah (Persaudaraan Islam) melalui pemungutan dan penyaluran Zakat, Infaq, dan Shadaqah serta memasyarakatkannya, dan menunjang pemberdayaan ummat melalui program pemberian modal bagi pedagang ekonomi kecil, pemberian bea siswa dan santunan bagi kaum dhu'afaa.

TUJUAN"
-      Untuk membantu pemerintah meningkatkan perekonomian masyarakat kecil khusunya program pengentasan kemiskinan

-      Untuk menghindarkan masyarakat kecil dari perbuatan rentenir dengan bunga yang mencekik leher dan dapat terjangkau masyarakat kecil dengan prosedur sederhana gampang dan mudah

-      Menyalurkan dana untuk usaha bisnis mikro dan kecil dengan system bagi hasil dan jual beli serta dengan prosedur yang mudah dan cepat

-      Membantu modal kerja dan modal investasi skala mikro sebagai upaya peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Saat ini, membuka lowongan kerja di kota Stabat untuk posisi berikut ini:


Silahkan kirim lamaran lengkap hanya melalui email: bmtpradesa@yahoo.com atau antar langsung ke alamat yang tertera pada poster diatas.




👇👇👇 Baca Juga 👇👇👇