Pesantren Qur’an elTAHFIDH berdiri pada awalnya di desa Cigombong, Cijeruk, Bogor sejak September 2005, dan mulai beroperasi sejak tanggal 3 Desember 2005, dengan nama Salamah lintahfidzil Qur’an. Salamah lintahfidzil Qur’an dimulai dengan program Da’i Hafidh Qur’an, dengan tahap awal sejumlah 24 santri / mahasantri pada tanggal 3 Desember 2005 tersebut, akan tetapi sejak Februari 2006 menjadi 33 santri / mahasantri.

Pelaksanaan program pendidikan ini dilakukan diatas lahan dan bangunan yang dimiliki oleh bapak Ir. Ibnu Pratomo, selaku pemilik dan pemodal awal atas kegiatan operasional pesantren. Sedangkan program yang dijalankan ada program Da’i Hafidh Qur’an, dengan konsep Hafidh Qur’an, berakhlak Al-Qur’an, berilmu pengetahuan sosial dan teknologi, mandiri dan berjiwa intreprenuer sesuai dengan visi-nya Pesantren Qur’an elTAHFIDH sekarang.

Program ini merupakan penerjemahan dari konsep kemandirian yang disampaikan bapak Ir. Ibnu Pratomo dan konsep Tahfidh Qur’an yang ditawarkan KH. DR. Muslih Abdul Karim M.A.. Hal itu dilakukan oleh Ustadz H. Jhon Edy Rahman, S.H. M.Kn., selaku integrator, inisiator dan motor dari program Da’i Hafidh Qur’an dan kedua tokoh tersebut. Tentukan konsep full beasiswa seperti sampai sekarang ini.

Pada tahun kedua, atau tepat tahun 2006 akhir, program Da’i Hafal Qur’an elTAHFIDH mulai dibuka di desa Jati Sari, kampung Kubang Cileungsi, dengan nama awal PPTQ NF, karena muwakif tanah yang selanjutnya dijadikan Pesantren Qur’an elTAHFIDH tersebut adalah para tokoh NF.

Pada saat yang bersamaan juga di mulai program Tahfidh Qur’an di Baitul Qur’an Depok, yang selanjutnya pada bulan ke-2 dilanjutkan oleh tim Baitul Qur’an Depok.

Alhamdulillah pesantren Qur’an elTAHFIDH, pada saat ini telah mengembangkan program nya menjadi beberapa program satu dengan lainnya saling mendukung dan menguatkan, tentunya tidak bergeser dari visi dan misi awal berdirinya Pesantren Qur’an elTAHFIDH (Salamah Li Tahfidzil Qur’an).

Pesantren Qur’an El Tahfidh ini memiliki gedung dengan daya tampung yang cukup luas dan bernuansa alam yang asri, sehingga santriawan dan santriwati yang belajar dan menuntut ilmu dapat merasakan susana yang nyaman serta tenang dalam memfokuskan dirinya untuk mencapai keberhasilan sebagai hafidh dan hafidhoh yang berkualitas.

Pesantren El Tahfidh juga mempunyai tujuan dalam membentuk akhlak Qur’ani dan mampu bersaing dalam moderenisasi perkembangan zaman, maka dari itu Pesantren Qur’an El Tahfidh membekali tiap-tiap santrinya memiliki jiwa Enterpreanur, Soft Skill/Hard Skill (leadership, kemandirian, IMTAQ/IPTEK, dll) dan Pemberdayaan sumber daya alamnya.

Pada awalnya Pesantren Qur’an El Tahfidh memiliki program Da’iyah Hafal Qur’an yang alumninya disebar ke berbagai wiliyah di Indonesia dengan maksud membangun karakter bangsa melalui Al Qur’an. Dengan tujuan yang mulia ini akhirnya Pesantren Qur’an El Tahfidh menunjukan perkembangan yang signifikan, maka dari itu Pesantren Qur’an El Tahfidh mengembangkan program Pendidikan Formal yaitu:

SD Qur’an El Tahfidh (2017)
Target hafalan Qur’an 10 Juz dalam waktu 6 tahun
Fokus mempelajari pelajaran Ujian Nasional dan Bimbingan Belajar
Melatih Kemandirian, Taekwondo, Berenang, Memanah dan Berkuda
SMP Qur’an El Tahfidh (2015)
Target hafalan Qur’an 20 Juz dalam waktu 3 tahun
Fokus mempelajari pelajaran Ujian Nasional dan Bimbingan Belajar
Melatih Kemandirian, Taekwondo, Berenang, Memanah dan Berkuda
SMA Qur’an El Tahfidh (2018)
Target hafal Mutqin 10 Juz Al Qur’an dalam waktu 3 tahun
Fokus mempelajari pelajaran Ujian Nasional dan Bimbingan Belajar
Menguasai 2 bahasa internasional; Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
Melatih Kemandirian, Taekwondo, Berenang, Memanah dan Berkuda
Menguasai 2 bahasa Internasional yaitu Bahasa Arab dan Bahasa Inggris
Da’i Hafal Quran (2005)
Program  Tahfidh, Study Islam, Kemandirian, Entrepreneur, Lifeskill, sarjana S1, Sosial Masyarakat. Dengan full beasiswa ( gratis biaya pemondokan,biaya makan, dan biaya pendidikan).
Program Da’iyah Hafal Qur’an ( 2016)

Ada beberapa titik pembinaan: Bekasi, Cawang, Condet, Cileungsi dan Sumatra Utara. 

Program: Tahfidh, Study Islam, Kemandirian, Entrepreneur, Lifeskill, Sarjana S1, Sosial Kemasyarakatan. Dengan full beasiswa ( gratis biaya pemondokan,biaya makan, dan biaya pendidikan).

Alhamdulillah, dengan izin Allah SWT, dari tahun ke tahun pengelolaan pesantren menunjukan perkembangan yang menggembirakan, ikhtiar ke arah peningkatan kualitas pengelolaan selalu diupayakan, baik dengan pemenuhan kebutuhan akan fasilitas pendidikan maupun peningkatan kualitas keterampilan pengelolaan pendidikan.

‘’Siapa yang membaca Al Qur’an, menelaah dan menghafalkannya, maka Allah akan memasukkannya ke dalam syurga dan memberinya syafaat bersama sepuluh orang keluarganya.’’

Para Penghafal Qur’an akan mendapat mahkota kebesaran di syurga, sedangkan orangtuanya mendapat pakaian kebesaran yang harganya tidak dapat ditebus oleh seluruh kekayaan penghuni dunia. Subhanallah.

Visi:

Mencetak 8000 Dai Hafal Qur’an yang berakhlak Qur’ani , memiliki kafaah syari’ah, berwawasan ilmu pengetahuan dan teknologi, berjiwa entrepreneur serta berijazah S-1 pada tahun 2030 (Indonesia Baru)

Misi:

1. Mempersiapkan pemimpin formal/informal di tingkat Kecamatan dan Kabupaten di seluruh Indonesia.

2. Memp3ersiapkan terbentuknya pusat dakwah dan pusat ekonomi di setiap Kecamatan di seluruh Indonesia

3. Mempersiapkan jaringan para Da’i Hafal Qur’an untuk mempercepat perbaikan tatanan dan nilai-nilai di masyarakat.

Saat ini, Pesantren Qur’an El Tahfidh membuka lowongan kerja di kota Pematang Siantar dengan posisi berikut ini:


Jika anda berminat untuk memenuhi kualifikasi diatas, segera antar langsung lamaran lengkap, CV, Fotocopy Ijasah Terakhir/ Transkip Nilai, Pasphoto terbaru dan dokumen yang diperlukan ke:
SMP / SMA Pesantren Qur’an El Tahfidh
Jl. Veteran Lingkungan III, Sinaksak, Kec. Tapian Dolok, Kab. Simalingun, Sumatera Utara, 21154

Baca Berita Terupdate berikut ini: